Selasa, 8 Desember 2020 dengan menggunakan ruang pertemuan Zoom, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UINSA kembali mengadakan agenda rutin diskusi bulanan dosen dalam Research Discussion Forum (RDF). Pada kesempatan kali ini forum membahas tentang penggunaan aplikasi SPSS untuk mengolah dan menganalisa data quantitative dengan topik diskusi Using SPSS to Answer Different Research Questions.

                Kegiatan yang diikuti oleh dosen prodi ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Dalam sambutannya Dr. Ah. Zakki Fuad, M. Ag menyampaikan bahwa kegiatan semacam ini penting untuk dilakukan secara kontinyu bukan hanya untuk meningkatkan suasana akademik namun juga untuk me-refresh pengetahuan dan keterampilan dosen utamanya dalam bidang penelitian. Meskipun dimungkinkan bidang-bidang pendidikan utamanya pendidikan bahasa lebih sering menggunakan pendekatan qualitatif namun tidak berarti mengesampingkan metode kuantitatif karena metode ini akan semakin memperkaya hasil-hasil penelitian. Besar kemungkinan dosen telah memiliki penguasaan metode kuantitatif yang cukup namun refreshment melalui forum diskusi akan mempertajam keterampilan yang dimiliki.

                Dalam kesempatan RDF di bulan Desember 2020 ini tampil sebagai pemateri adalah Albard Khan, M. Ed yang merupakan ahli dalam metode penelitian kuantitatif utamanya terkait dengan penggunaan SPSS untuk mengolah dan menganalisa data. Diskusi diawali dengan merefleksi kembali tipe-tipe data kuantitatif mulai dari data nominal, ordinal, interval dan rasio. Penyampaikan materi yang disertai dengan contoh nyata cukup membantu perserta untuk mengkategori data berdasarkan sifatnya. Bapak Albard Khan, M. Ed bersama dengan peserta diskusi juga praktik langsung menginput data dalam system, mengkodekan, mengkategorisasi dan rekategorisasi data hingga men-generate ringkasan data.

                Diskusi yang dipandu oleh Mokh. Syaifuddin, Ph. D ini dapat dikatakan berlangsung cukup seru karena peserta sangat antusias dengan kegiatan diskusi yang cukup hands on dengan peserta berlatih langsung menggunakan aplikasi dengan data yang disampaikan oleh pemateri. Beberapa peserta juga sangat aktif bertanya dan berdiskusi utamanya terkait dengan data-data kuantitatif dalam penelitian yang sedang dilakukan.

                Meskipun kegiatan berlangsung sekitar dua setengah jam dan telah melebihi jadwal yang telah ditentukan nampaknya peserta masih belum cukup puas dengan diskusi. Hal ini kemudian memunculkan ide untuk menindaklanjuti kegiatan dengan melaksanakan diskusi secara berseri untuk secara khusus membahas pengolahan data kuantitatif. Selain itu, muncul juga ide tentang perlunya adanya unit khusus di tingkat universitas di bawah LP2M yang menyediakan layanan pendampingan statistik bagi dosen. Untuk jangka pendek direkomendasikan agar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dapat membentuk tim pendampingan statistic bagi dosen dan mahasiswa. Hal ini diaminkan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan yang akan berkoordinasi dengan dosen-dosen statistik Fakultas untuk membicarakan tindak lanjut rekomendasi. Semoga cita-cita ini terwujud. (SA, PBI)

By admin