KEGIATAN PRODI

STRATEGI MENJADI ENTREPRENEUR MUDA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Surabaya-(26/10/2019) Dalam era revolusi industri 4.0 mahasiswa tidak hanya dituntut mengenai persoalan pendidikan saja. Tetapi mahasiswa dituntut untuk memiliki jiwa kewirausahaan dengan mengembangkan nilai-nilai positif pada sikap kewirausahaan yaitu gigih, ulet, sabar, tekun. Dalam upaya mensinergikan serta mengembangkan kemampuan para mahasiswa di dunia kewirausahaan para mahasiswa pendidikan IPA mengadakan Seminar Nasional Kewirausahaan. Para mahasiswa Pendidikan IPA yang dihimpun oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika. Membuat suatu kegiatan Seminar Nasional Kewirausahaan dengan tema kegiatan “Strategi Menjadi Entrepreneur Muda di Era Revolusi Industri 4.0”


STUDIUM GENERALE: ”REAKTUALISASI AGAMA TERHADAP PERKEMBANGAN SAINS”

Dalam upaya mensinergikan ilmu alam (fisika, kimia, biologi) dengan Agama Islam, Prodi Pendidikan IPA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya mendatangkan Narasumber Penulis Best Seller “Ayat-ayat Semesta,” KH. Agus Purwanto, D.Sc. Kegiatan yang dikonsep dalam sebuah Studium generale berjudul ”Reaktualisasi Agama terhadap Perkembangan Sains” itu memadukan konsep sains, baik yang berhubungan dengan makhluk hidup dan benda-benda langit baik yang tersurat maupun yang tersirat dalam Al-Qur’an.


DIGITALISASI ILMU-PELATIHAN MULTIMEDIA SAINS

Surabaya, 7 Maret 2020. Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan Pelatihan Multimedia berupa Adobe Photoshop dan Corel Draw. Pelatihan ini dibuka untuk mahasiswa UINSA maupun mahasiswa diluar UINSA. Selain itu, masyarakat umum juga dapat mengikuti pelatihan multimedia ini. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan dapat menjadikan mahasiswa UINSA dan masyarakat umum agar mahir dalam dunia desain. Pelatihan dibuka oleh ketua program studi Pendidikan IPA Dr. Nur Wakhidah, M.Si. serta dipandu oleh Nadiah Arisah Fadhilah dan Febrianti Galuh Kirana Putri selaku moderator.


GELAR KEGIATAN BAKAT MINAT- BADMINTON DAN SENI TARI PENDIDIKAN IPA FTK UINSA GALI POTENSI MAHASISWA

Surabaya- 14 Maret 2020, Prodi Pendidikan IPA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sunan Ampel Surabaya menyelenggarakan kegiatan Bakat dan Minat demi menggali potensi mahasiswa PIPA. Kegiatan ini dilaksanakan di gedung FTK UINSA Lantai 4 dan lapangan depan gedung FTK UINSA. Hadirnya Dekan FTK, Kajur, Sekjur, Kaprodi, Sekrodi serta perwakilan Dosen/prodi membuat acara semakin meriah. Saudara Rizky Perdana selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA menaruh harapan besar pada acara ini, Ia berharap bahwa kegiatan ini bisa berjalan lancar dan mampu menggali potensi-potensi terpendam yang dimiliki oleh mahasiswa prodi Pendidikan IPA.


WEBINAR BACTH 01 oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan in Collaboration with HIMAPIPA

Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam menyelenggarakan kegiatan webinar yang dilaksanakan melalui zoom dan Youtube channel mediapipa uinsa (https://www.youtube.com/watch?v=Ug_K_HZ8dG0&feature=youtu.be) pada hari selasa, 09 juni 2020 dengan tema “Fase New Normal  : Wajah Pendidikan di Era New Normal dan Herd Immunity”


STUDENT COMPETENCY ENRICHMENT TREN PENELITIAN PENDIDIKAN ERA NEW NORMAL

26 Juni 2020, Prodi Pendidikan IPA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sunan Ampel Surabaya menyelenggarakan kegiatan Webinar series 2 dengan tema “Student Competency Enrichment Tren Penelitian Pendidikan Era New Normal” yang dilakukan secara daring dengan menggunakan Google Meet sebagai media. Acara pembukaan dihadiri oleh Dekan FTK, Kajur, Sekjur, Kaprodi, Sekprodi, serta perwakilan dari Dosen/Prodi. Acara langsung dibuka oleh bapak Dr. H. Ali Mas’ud, M.Ag., M.Pd.I. dengan memberi harapan agar webinar series 2 ini dapat berjalan dengan lancar.


WEBINAR 3 (MENEMBUS PUBLIKASI BEREPUTASI)

Surabaya- 08 Juli 2020. Prodi Pendidikan IPA UIN Sunan Ampel Surabaya telah mengadakan webinar yang ke tiga dengan tema “Menembus Publikasi Bereputasi” yang diadakan secara online via Google Meet. Webinar dibuka langsung oleh Dekan III Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yakni bapak Dr. Saiful Jazil, M.Ag. Dan dihadiri oleh dosen-dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan lainnya seperti Bapak  Drs.Suparto, M.Pd.I selaku kepala jurusan Pendidikan MIPA, Ibu Dr. Nur Wakhidah M.Si selaku ketua prodi Pendidikan IPA, beserta dosen-dosen Fakultas Tarbiyah Keguruan dan dosen Pendidikan IPA lainnya.